Tips Mudah Tahajud ala JHK

Manfaat tahajud bagi pembuka kehidupan yang ada diblog JHK, merupakan tulisan penggugah semangat agar Anda dan saya semakin giat untuk melaksanakan sholat tahajud ini. Pada tulisan kali ini saya ingin membagi beberapa tips tentang sholat tahajud ini. Lebih khusus lagi, tips agar kita mudah untuk melakukan sholat tahajud.

Sebelum tips saya sampaikan, yang  perlu diingat adalah tips hanya bersifat alat bantu agar mempermudah dalam melakukan sesuatu. Karena bersifat sebagai alat bantu, maka tingkat keberhasilan dari sebuah tips tidaklah 100%. Tips hanya faktor kedua atau pelengkap saja. Tips bukanlah faktor utama dari keberhasilan. Sekali lagi, tips hanya sebagai alat bantu saja.

Jadi apa faktor utamanya?

Faktor utamanya ada di diri Anda sendiri. Anda yang membuat keberhasilan 100% dalam setiap aktifitas Anda. Anda tumbuhkan terlebih dahulu pengetahuan, semangat, dan cerita-cerita tentang sholat tahajud. Sehingga apa yang Anda ketahui tentang tahajud semakin membuat Anda mantap dan yakin. Jika keyakinan Anda mantap untuk sholat tahajud, insya Allah, keberhasilan Anda sudah mendekati 100%. Dan akhirnya, Anda akan mudah untuk bangun melaksanakan sholat tahajud.

Baik, sekarang saya akan berbagi tips…

Hal penting pertama adalah, Anda harus bisa, semampu Anda untuk menjauhi bermaksiat kepada Allah. Sekalipun Anda telah melakukan maksiat segera memohon ampun dan penuh rasa penyesalan yang dalam.

Kemudian, hindari sesuatu yang berlebihan dalam aktifitas Anda. Misalnya, berlebihan dalam makan, pekerjaan, dan tertawa atau bercanda. Ketika hati dan seluruh organ tubuh kita dalam keadaan tenang, maka insya Allah, kita terikat pada aturan Allah dan ini membuat kita mudah untuk bangun malam.

Yang ketiga, banyaklah melakukan kebaikan. Apapun itu kebaikannya.

Empat, lakukan ibadah nafilah (tambahan) seperti sholat sunah sebelum dan sesudah sholat fardhu. dan usahakan untuk selalu berjamaah.

Untuk tips yang lain, Anda bisa searching di google atau beli buku tentang sholat tahajud.

Tips di atas adalah sedikit ringkasan dari yang saya tahu. Namun saya ingin menambahkan tips yang saya lakukan. Selain, saya juga melakukan tips-tips di atas.

Tambahan tips dari saya sbb,

Sebelum tidur, saya berusaha melakukan sholat witir terlebih dahulu. Di rakaat terakhir, pada waktu sujud. Saya beristighfar, memohon ampun atas kesalahan yang sudah saya lakukan diwaktu pagi sampai malam.

Belum selesai, setelah saya selesai beristighfar. Saya lanjutkan dengan doa, atau bisa disebut mengafirmasi diri saya agar saya mudah untuk bangun malam.

Kalimat afirmasinya kurang lebih seperti ini, “Yaa Allah… Mudahkan saya bangun malam untuk sholat tahajud. Saat saya mendengar suara alarm HP, saya bangun dengan penuh semangat dan gembira. Hilang semua rasa kantuk, lelah, malas, dan cape.”

Jika Anda melakukan doa/afirmasi ini dengan penuh perasaan dan keyakinan, saat Anda bangun dari sujud dan salam, Anda akan merasakan suasana tubuh yang berbeda. Menjadi lebih semangat dan segar.

Afirmasi saya lakukan kembali saat saya berbaring untuk tidur. Kalimat afirmasi mirip dengan kalimat di atas. Hanya saja, saya mengulangi pada kalimat “bangun dengan penuh semangat dan gembira. Hilang semua rasa kantuk, lelah, malas, dan cape.”

Setelah itu, saya berdoa mau tidur..

Trus… pules dech,

Saat mendengar alarm jam 2.30 pagi, saya pun…

Anda bisa rasakan sendiri nanti,

Share pengalaman Anda di koment ya….

Iklan

4 Tanggapan to “Tips Mudah Tahajud ala JHK”

  1. tiqo Says:

    Teori sih gampang, prakteknya susah

  2. Tao Vero Says:

    Klo kita dah berpikiran susah nanti jdix pun susah krn qt sudah memagari diri qt dgn angan2 yg susah akhirx kesusahanxpun terkabul, tp coba qt berpikir sebalikx (optimis) dan lihat hasilx…

    • JHK Says:

      @Tao Vero : Yupz, betul sekali. Semua bisa jadi sulit atau mudah, semua bergantung dengan pikiran.
      salam kenal ya…

  3. azizah Says:

    aslm..ka mksh wt tips.y,jjur akhir2 sy mlai trsrang virus mles lg wt qiyamullail..dan skrg i want try to change..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: